Tuesday, October 25, 2011

3 Manfaat Kesehatan Jika Menjadi Musisi

Menjadi musisi memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan seperti selalu terlihat lebih muda. Kini ada 3 manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan oleh seorang musisi.

Baru-baru ini peneliti dari Kanada melaporkan dalam Psychology and Aging bahwa musisi memiliki sedikit masalah pendengaran dibanding dengan orang yang non-musisi melalui tes serangkaian tugas pendengaran. Musisi memiliki keuntungan bisa dengan jelas mendeteksi kesenjangan diam diantara suara yang terus menerus terdengar serta mampu membedakan frekuensi suara.

"Otak secara otomatis akan merespons suara yang terdengar dalam kehidupan kita," ujar Alex Doman, pendiri dan CEO dari Advanced Brain Technologies di Ogden, Utah, seperti dikutip dari Menshealth.com, Selasa (25/10/2011).

Selain itu ada pula 3 manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang musisi seperti:

1. Cara yang ampuh untuk mengatasi stres
Studi yang dilakukan oleh Medical Science Monitor menemukan memainkan alat musik bisa membantu membalikkan efek stres pada otak. Dalam studi ini para peneliti sengaja membuat peserta frustasi dengan sebuah teka teki silang selama 1 jam untuk meningkatkan kadar stres.

Diketahui peserta yang melakukan rekreasi dengan bermain keyboard setelah melakukan tes menunjukkan tingkat stres terendah diantara kelompok lain yang melakukan rekreasi selain bermusik.

2. Membantu menjaga jantung tetap sehat
Studi yang dilaporkan dalam jurnal Heart tahun 1998 menemukan memainkan alat musik bisa bermanfaat bagi jantung. Dalam studi ini peserta mendengarkan beberapa lagu dalam berbagai jenis musik, lalu peneliti mengukur tekanan darah dan pola pernapasan.

Hasil studi menunjukkan kelompok musisi memiliki performa lebih baik dalam mengontrol pernapasan serta memiliki kemampuan melakukan sinkronisasi bernapas dibandingkan dengan kelompok non-musisi (tidak memiliki pengalaman musik).

3. Meningkatkan kekuatan otak
Studi dari Stanford University menemukan pelatihan bermusik bisa memperbaiki cara otak memproses kata yang akan diucapkan. Para peneliti mengukur aktivitas otak dari 40 orang dewasa dan menemukan musisi lebih terfokus serta memiliki aktivitas otak yang efisien.

Para peneliti mengungkapkan hal ini karena pelatihan musik bisa meningkatkan kemampuan otak untuk menguraikan perubahan suara yang cepat, kondisi ini merupakan kunci dalam pemahaman bahasa. Source

Follow Our Twitter @ekliping
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...