Tuesday, January 3, 2012

Museum Paling Banyak Dikunjungi di Dunia

Terletak di Paris, Prancis, museum ini juga salah satu museum terbesar di dunia. Gedungnya merupakan bekas istana bangsawan dan dibuka sebagai museum sejak 8 November 1793. Adalah Musée du Louvre, museum yang paling banyak dikunjungi di dunia pada 2011.

Jumlah pengunjungnya, seperti dilansir dari nydailynews.com, tercatat mencapai 8,8 juta orang. Museum Louvre merupakan 'rumah' bagi lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci serta 536 lukisan lainnya, termasuk juga berbagai karya seni rupa.

Pada area halaman museum terdapat piramida yang berfungsi sebagai pintu masuk. Pengunjung akan masuk melalui piramida, lalu turun ke bagian lobi, baru naik ke bangunan utama Louvre. Terdapat mitos seputar jumlah panel kaca pada piramida ini.

Jumlahnya disebut-sebut sebanyak 666 buah, yang menurut mitos dikenal sebagai angka setan. Pada 2003, Dan Brown, melalui bukunya, Da Vinci Code yang kemudian difilmkan, kembali menguatkan mitos ini. Bisa jadi mitos ini pula yang meningkatkan jumlah pengunjung.

Menurut pihak dari Louvre, pengunjung museum meningkat sebesar lima persen pada 2011. Selama tiga tahun berturut-turut, sekitar 8,5 juta orang telah mengunjungi museum tersebut.

Kedatangan turis mancanegara memang mencapai 66 persen dari total pengunjung. Jumlah turis dari Amerika Serikat berada di peringkat pertama, lalu diikuti Brasil, Italia, Australia dan China. Source
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...